Popular Post

Posted by : Unknown Sabtu, 27 Juli 2013

Uwah! Pertama kalinya blogging! Masih amatir Nie... Ah, tak apa. Aku akan berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik. Oleh sebab itu, kritikan dan saran yang membangun sangat di perlukan.
Hari ini Wibi akan membahas sejarah dari Bleach. Bagi yang belum tahu apa itu Bleach, silahkan tambah wawasan anda di sini. Apa salahnya kan menambah pengetahuan? Baiklah, selamat membaca...

Bleach (ブリーチ, Burīchi?, diromanisasikan sebagai BLEACH di Jepang) adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo (久保 帯人 Kubo Taito), mangaka dari Zombie Powder. Serial Bleach mulai diterbitkan sejak tahun 2001, dan semenjak penerbitannya, serial ini sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Original Video Animation), empat film layar lebar, dua musikal rock, dan beberapa judul permainan video. Kompilasi manga (Tankoubon) Bleach sudah terjual sebanyak 39 juta kopi di Jepang. Manga ini diserialkan dalam mingguan Shonen Jump.

Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001 dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha. Sampai tanggal 26 Mei 2007, sebanyak 276 bab sudah diterbitkan (rata-rata sekitar satu bab per minggu). Manga ini juga sudah dikompilasi ke dalam 27 volume tankoubon, juga diterbitkan Shueisha. Jilid pertama dari manga ini terjual lebih dari 1,25 juta kopi di Jepang. Pada tahun 2005, Bleach mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shōnen.

Serial anime Bleach ditayangkan di stasiun televisi TV Tokyo dan juga stasiun-stasiun yang terafiliasi. Sedangkan di Indonesia sendiri, Bleach di tayangkan di stasiun televisi Indosiar. Serial anime Bleach juga ditayangkan di Animax, namun hanya dapat disaksikan melalui stasiun TV berlangganan.Serial ini diproduseri oleh TV Tokyo, Dentsu, dan Studio Pierrot, dan disutradarai oleh Noriyuki Abe. Desainer karakternya adalah Masashi Kudō, dan komposer musiknya adalah Shiro Sagisu. Episode pertama Bleach ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2004. 63 episode pertama diadaptasi langsung dari manga-nya, sedangkan 46 episode berikutnya adalah produksi original untuk anime-nya saja. Mulai dari episode 110, jalan cerita dalam serial anime-nya kembali ke jalan cerita dalam manga, walaupun ditambah dengan elemen-elemen dalam ke-46 episode sebelumnya. Sampai sekarang, belum ada rencana untuk mengakhiri produksi serial ini.

Sampul manga Bleach jilid pertama (versi bahasa Jepang)

Selain itu, ada dua buah OVA telah diproduksi, yaitu :
  • OVA Jump Fiesta 2004 : Memories in the Rain
  • OVA Jump Fiesta 2005 : The Sealed Sword Frenzy
Dan juga empat buah film layar lebar yang berjudul
  • BLEACH : Memories of Nobody
  • BLEACH : The Diamond Dust Rebellion yang mulai dirilis di Jepang pada tanggal 16 Desember 2007
  • BLEACH: Fade to Black - Kimi no na wo yobu 
  • BLEACH : Jigoku Hen
Menurut jajak pendapat online yang diselenggarakan TV Asahi pada tahun 2006, Bleach menempati peringkat ke-7 anime terfavorit di Jepang.
Di Amerika Serikat, manga Bleach diterbitkan oleh Viz Media, dan serial anime-nya ditayangkan di Cartoon Network. Sedangkan di Indonesia sendiri, manga-nya diterbitkan oleh m&c comics mulai bulan Oktober 2007.

Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.

Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual konsou untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima penyucian roh dan mereka dapat dikirim ke Soul Society atau disebut juga Seireitei (Komunitas Roh). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.

Yah itulah sedikit informasi media yang dapat Wibi berikan. Terima kasih sudah berkenan untuk membaca (sampe bawah pula). Silahkan beri komentar anda.. Dan.. Sampai ketemu lagi di kesempatan yang lain dengan informasi tentang Anime tentunya.
Matta, ne!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AnimeTrimakasih Atas Kunjungan Anda Follow My ^^